Apakah Anda ingin me-root Ponsel flagship Samsung Galaxy S9 / S9 Plus? Nah, Anda baru saja mendarat di tempat yang tepat untuk pekerjaan itu.

Tutorial di bawah ini akan membantu Anda menginstal TWRP dan melakukan rooting pada Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus pada Versi OS Android Pie (One UI) dan Versi OS Oreo dengan mudah.

TWRP sekarang secara resmi mendukung varian Exynos dari perangkat tersebut. Yang berarti Anda dapat dengan mudah menggunakannya untuk root Galaxy S9 / S9 Plus.

Samsung termasuk di antara salah satu produsen top dan terkenal dengan ponsel andalan Galaxynya. Tahun ini, perusahaan raksaksa tersebut melakukan pekerjaan luar biasa dengan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus dengan mengadaptasi tren terkini di pasar ponsel pintar.

Ponsel ini diluncurkan pada bulan Maret 2018 dan tentu saja menjadi flagships Galaxy terbaik hingga saat ini. Mengikuti desain yang sangat mirip dengan pendahulunya.

Diperbarui pada 21 Juni 2019: Panduan ini telah diperbarui dengan pemulihan TWRP terbaru, .zip Bypass RMM, ElementalX kernel, dan .zip Magisk untuk membantu Anda me-root Samsung Galaxy S9 / S9 Plus yang berbasis Android Pie.

Update TWRP

Terlepas dari semua fitur terbaru, pengguna mungkin sering ingin menyesuaikan perangkat lunaknya lebih jauh dari apa yang ditawarkan produsen. Dalam hal ini, seseorang harus melakukan root pada Samsung Galaxy S9 / S9 Plus.

Panduan Lengkap untuk Melakukan Root pada Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus:

3 Langkah Rooting Galaxy S9 / S9 Plus.

Pertama, Anda harus menginstal TWRP pada Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Ini memungkinkan Anda untuk mem-flash kostum binari, yang biasa dikenal dengan ZIP yang dapat di-flash.

Langkah selanjutnya adalah menonaktifkan enkripsi dan mencegah Prenormal KG / RMM State dengan menginstal zip no-verity dan file zip Bypass State Bypass.

Akhirnya, setelah semua selesai, Anda dapat dengan mudah menginstal Magisk menggunakan TWRP untuk melakukan root pada Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.

Meskipun prosesnya mungkin tidak sesederhana pada perangkat seperti Google Pixel

Pastikan Anda mengikuti setiap langkah yang saya tuliskan.

Saat ini, hanya varian Exynos dari Galaxy S9 / S9 Plus yang didukung. Meskipun, TWRP untuk Snapdragon Galaxy S9 dan S9 Plus tersedia secara tidak resmi, masih belum ada konfirmasi apakah berfungsi dengan benar atau tidak.

Kami akan memperbarui pos ini jika ada pembaruan. Pastikan untuk memeriksa bagian “Varian dan Model yang Didukung” di bawah ini sebelum melanjutkan ke instruksi.

Rooting Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus akan membuat counter KNOX menjadi rentan. Mem-flash binari kustom termasuk TWRP, root, atau jenis ZIP yang dapat di-flash lainnya akan membatalkan garansi resmi ponsel. Jadi pastikan Anda merasa nyaman dengan prosedur dan konsekuensi sebelumnya.

Peringatan!!

Varian dan Model yang Didukung

  • Samsung Galaxy S9
    • Kompatibel: Varian Exynos (nama kode: starlte) dengan nomor model SM-G960F / FD / N / X didukung.
    • Tidak Kompatibel: Varian Snapdragon (codename: starqlte) dengan nomor model SM-G960U / U1 / W / 0/2/8 / SC tidak didukung.
  • Samsung Galaxy S9 Plus
    • Kompatibel: Varian Exynos (codename: star2lte) dengan nomor model SM-G965F / FD / N / X didukung.
    • Tidak Kompatibel: Varian Snapdragon (codename: star2qlte) dengan nomor model SM-G965U / U1 / W / 0/2/8 / SC tidak didukung.

Persiapan

  • Ambil cadangan lengkap semua data Anda di perangkat. Segala sesuatu termasuk aplikasi, kontak, pesan, log, penyimpanan internal, dll akan dihapus selama proses. Anda juga dapat mengikuti panduan kami tentang cara membuat cadangan perangkat Android untuk tujuan ini.
  • Isi daya Galaxy S9 / S9 + hingga setidaknya 60% tingkat baterai. Ini akan membantu menghindari shutdown mendadak selama proses rooting.
  • Unduh dan instal driver USB Samsung pada PC.
  • Unduh Odin v1.13.1 dari bagian ‘Unduhan’ di bawah dan ekstrak file ke lokasi yang mudah diakses di PC.

Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan yang disebutkan di atas sebelum Anda melanjutkan untuk mengikuti petunjuk untuk melakukan root pada Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus.

Download Bahan-Bahannya

Aktifkan Opsi Pengembang dan Aktifkan OEM Buka Kunci di Pengaturan

Sebelum menuju ke proses yang sebenarnya, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan Opsi Pengembang dan OEM Buka Kunci di Pengaturan. buka Pengaturan -> Tentang Telepon -> Informasi Perangkat Lunak dan ketuk 7 kali pada ‘Bangun nomor’. Anda kemudian akan melihat pemberitahuan bersulang – “Mode pengembang telah diaktifkan”. Setelah ini, buka Pengaturan dan hapus semua / semua akun Samsung dan Google dari perangkat.

Enable USB Debugging

Setelah selesai, kembali ke layar utama Pengaturan dan ketuk pada options Opsi pengembang ’. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan sakelar ‘OEM Buka Kunci’ dan nyalakan. Jika opsi ini belum terlihat di perangkat Anda, itu berarti ponsel Anda telah memasuki periode buffer 7 hari. Setelah waktu ini, opsi ‘OEM Buka Kunci’ akan tersedia. Jika masih belum tersedia, itu berarti telepon Anda tidak dapat di-rooting.

Enable OEM Unlock

Sekarang setelah pengaturan diaktifkan, Anda dapat dengan mudah mem-flash binari kustom pada ponsel Samsung Galaxy Anda menggunakan Odin. Langkah pertama untuk melakukan root Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus adalah menginstal pemulihan TWRP. Bagian di bawah ini akan membawa Anda melalui proses lengkap secara terperinci.

Instal TWRP Recovery pada Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

  1. Unduh pemulihan TWRP untuk Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.
  2. Pergi ke folder Odin yang diekstraksi dan klik dua kali pada “Odin3 v3.13.1.exe”.
  3. Matikan telepon sepenuhnya.
  4. Tahan tombol Volume Turun, Bixby, dan Daya secara bersamaan.
  5. Instal Samsung Stock Firmware menggunakan Odin – Unduhan Mode Peringatan
  6. Pada layar peringatan, tekan tombol Volume Naik untuk masuk ke Mode Unduhan pada Galaxy S9 / S9 Plus.
  7. Saat jendela Odin dimuat, Anda akan melihat “Ditambahkan !!” di kotak pesan. ID: Port COM juga harus menyala.
  8. Rooting Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus – Open Odin Tool
  9. Jika tidak, maka coba gunakan port USB yang berbeda atau instal ulang driver USB.
  10. Di tab ‘Opsi’, pastikan ‘Kotak Boot Ulang Otomatis’ dan Part Partisi Ulang ’tidak dipilih.
  11. Selanjutnya, klik tombol ‘AP’ di bawah bagian ‘File’.
  12. Pilih file .tar recovery TWRP untuk perangkat Anda.
  13. Terakhir, klik tombol ‘Mulai’ untuk menginstal pemulihan TWRP di Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.

Setelah proses flashing selesai, telepon akan tetap dalam Mode Unduhan.

Boot Galaxy S9 / S9 Plus ke dalam TWRP Recovery

  • Tahan tombol Volume Turun, Bixby, dan Daya secara bersamaan hingga ponsel mati.
  • Penting: Segera setelah layar dimatikan, lepaskan tombol Volume Turun dan tahan tombol Volume Naik sambil tetap menahan tombol Bixby dan Daya.
  • Galaxy S9 / S9 + Anda harus boot ke pemulihan TWRP.
  • Pada layar Part Partisi Sistem Tidak Diubah ’, geser tombol‘ Gesek untuk Mengijinkan Modifikasi ’

Sekarang Anda telah berhasil mem-boot ke TWRP, Anda dapat mengikuti bagian selanjutnya untuk menonaktifkan enkripsi pada Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.

Nonaktifkan Enkripsi dan Cegah Status Prenormal KG / RMM

  • Buka ‘Hapus’ dan ketuk ‘Format Data’.
  • Memformat Data dalam TWRP ke Root Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus
  • Masukkan ‘Ya’ di bidang yang disediakan untuk memformat perangkat sepenuhnya.
  • Setelah selesai, kembali ke layar TWRP utama.
  • Ketuk “Pasang” dan pilih “Aktifkan MTP”.
  • Hubungkan telepon ke PC menggunakan kabel USB.
  • Unduh DM-Verity disabler dan file zip Bypass State KG / RMM dari bagian ‘Unduhan’ di atas.
  • Transfer file ke penyimpanan internal ponsel.
  • Putuskan sambungan perangkat.
  • Ketuk tombol ‘Instal’.
  • Arahkan ke penyimpanan internal dan pilih file.
  • Geser tombol untuk mem-flash ZIP dan menonaktifkan enkripsi pada Samsung Galaxy S9 / S9 +.
  • Terakhir, instal zip Bypass State RMM untuk mencegah ponsel Anda terkunci lagi (Prenormal KG / RMM State).

Langkah terakhir adalah melakukan root pada ponsel. Namun, mem-flash solusi root tidak akan cukup. Itu karena Samsung telah menerapkan beberapa langkah keamanan. Untuk mengatasinya, Anda cukup mem-flash kernel khusus (Kami sarankan ElementalX) dan kemudian root Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus menggunakan Magisk.

Rooting Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

  1. Unduh ElementalX kernel untuk Galaxy S9 / S9 Plus.
  2. Juga, unduh file ZIP Magisk 19.3.
  3. Hubungkan telepon ke PC menggunakan kabel USB.
  4. Di TWRP, buka ‘Pasang’ dan ketuk ‘Aktifkan MTP’.
  5. Salin kernel ElementalX dan file SuperSU / Magisk ZIP ke penyimpanan internal telepon.
  6. Pergi ke layar utama TWRP.
  7. Tekan tombol ‘Instal’.
  8. Arahkan ke penyimpanan internal dan pilih file ‘ElementalX-S9-2.11.zip’.
  9. Selanjutnya, ketuk pada ‘Tambahkan lebih banyak ZIP’ dan pilih file ‘Magisk-v19.4.zip’.
  10. Root Samsung Galaxy S9 – TWRP Tambahkan ZIP Lainnya
  11. Terakhir, geser tombol di layar untuk membasmi Samsung Galaxy S9 Plus dan Galaxy S9 yang menjalankan Android Pie atau Oreo.

Ketika proses flashing selesai, ketuk tombol ‘Reboot System’ untuk mem-boot kembali ke OS. Sekarang ponsel telah di-rooting, Anda dapat melanjutkan dan mulai menggunakan aplikasi yang mendukung root. Jika Anda memiliki Magisk, Anda juga dapat menggunakan MagiskHide untuk menyembunyikan root dari aplikasi tertentu seperti Pokemon Go. Magisk juga memberi Anda kemampuan untuk menginstal modul untuk menyuntikkan fitur tambahan ke dalam OS. Mungkin, hal-hal yang Anda dapat di ponsel yang di-rooting jauh lebih banyak daripada yang dapat kami sebutkan di sini.

Jadi, ini adalah tutorial kami tentang cara menginstal TWRP, menonaktifkan enkripsi, mencegah Prenormal KG / RMM State dan me-root Samsung Galaxy S9 / S9 Plus. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan tinggalkan di komentar.

Disadur Ulang dari: https://www.thecustomdroid.com/samsung-galaxy-s9-plus-root/

unrooted (administrator)

Seorang penggiat Android yang serabutan

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *