Belum lama saya mendapatkan client untuk minta di Root, namun seperti biasa, sebelum proses menuju root, kondisi ponsel harus sudah dalam keadaan unlocked bootloadernya.

Sama seperti biasa, proses-prosesnya atau step-stepnya untuk melakukan root android kita harus install twrp terlebih dahulu (ada beberapa tipe ponsel yang tidak perlu install permanen twrp).

Adapun untuk redmi 6a ini ternyata memiliki 2 model:

  1. Dual Slot SIM Card
  2. Mono Slot Sim Card

Pembahasan kali ini adalah Redmi 6a Dual Slot Sim Card.

Adapun TWRP yang beredar di internet apapun versinya, sejak tulisan ini ditulis sudah ada versi (3.2.3.0 s/d 3.3.1.0) biasanya twrp di download dari website twrp.me, setelah kita install twrp tersebut, kita diminta memasukan password, itu artinya anda harus format ulang dulu ponsel, setelah di format ulang, barulah twrp tersebut bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Jika tidak di format, maka folder data gak akan bisa di akses, artinya disana kita gak bisa berbuat apa-apa.

Untungnya, saya menemukan twrp yang sangat cocok digunakan redmi 6a ini, twrp ini unofficial artinya bukan twrp yang di download dari twrp.me

Dan, twrp akan hilang setelah ponsel di restart, sebelumnya, silahkan download dulu dua file berikut ini:

  1. TWRP fix 0
  2. Lazy

Setelah install twrp jangan lupa install Lazy.zip, tujuannya agar twrp gak hilang dan kembali ke 0 (minta password). Twrp ini pun gak support USB (gak kedetect), jadi sebelum itu siapain dulu filenya dan simpan di memory eksternal (SDCard).

Twrp ini multi fungsi, bisa sekalian root juga, ada magisk disana.

Jadi, jika sudah install twrp unofficial ini, untuk root nya kita gak perlu install magisk lagi, cukup pakai yang ada di dalam twrp tersebut.

Kenapa harus install magisk dari bawaan twrp tersebut?

Menurut pengalaman saya, saya sudah mencoba install magisk dan superSU, alhasil selalu gagal. tapi jika kita pakai bawaan twrp dijamin sukses.

Perlu dicatat, redmi 6a ini, gak support magisk versi 17 keatas, jadi anda harus install versi 17 jadi jangan pernah di update yaak.

Jangan senang dulu sob… setelah anda berhasil install twrp dan install magisk, system android jadi bermasalah, pada saat boot awal akan selalu muncul tulisan atau notifikasi pada saat ponsel di restart:

Android System
There’s an internal problem with your device.
Contact your manufacturer for details.

Sistem Android
Ada masalah internal dengan perangkat Anda.
Hubungi pabrik Anda untuk detailnya.

Menurut saya, notif ini cukup mengganggu dan bikin gak nyaman, karena kita bakal perpikiran kalo sistem android berjalan tidak sempurna.

karena hal itu lah, jadi saya berkesimpulan kalo redmi 6a dual slot sim card ini gak cocok untuk di root.

sampai tulisan ini dibuat, saya belum dapat jamu yang tepat untuk menghilangkan notif tersebut.

mohon maaf, artikel ini, tidak menjelaskan bagaimana cara install twrp dan lainnya, saya menganggap anda sudah benar-benar paham dalam melakukan rooting dan lainnya. jadi bahasan ini, cuma sekedar informasi berdasarkan pengalaman.

Terima kasih, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang mencari solusi.

unrooted (administrator)

Seorang penggiat Android yang serabutan

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *